| 0 comments ]

Saat ini, penyebaran virus pada umumnya melalui 2 cara yaitu melalui internet atau koneksi jaringan dan yang lainnya adalah melalui media penyimpanan seperti CD, Harddisk portable dan flashdisk. Untuk penyebaran melalui jaringan mungkin bisa diminimalisir dengan meningkatkan kemampuan keamanan jaringan seperti firewall, antivirus dsb. Tetapi virus dapat dengan mudah menginfeksi removable media seperti flashdisk dan portable harddisk jika media tersebut ditancapkan pada PC yang sudah terinfeksi virus.

Kebanyakan virus menginfeksi flashdisk atau portable dengan memanfaatkan fitur Autorun yang ada pada sistem operasi Windows. Fitur ini sebenarnya sangat memudahkan kita yang ingin langsung membuka/memainkan file yang ada di media penyimpanan dengan segera. Tetapi para pembuat virus melihat fitur ini sebagai jalan tercepat untuk menyebarkan virus. Dengan menanamkan virus beserta file AUTORUN.inf yang sudah ditulis untuk menjalankan file virus di root directory flash disk, setiap kali pengguna menghubungkan flash disk ke komputer yang fitur Autorun-nya aktif, secara otomatis virus akan langsung dijalankan.

Untuk itu, panda security telah merelease aplikasi portable yang akan melindungi media penyimpanan anda dari infeksi virus dengan menginjeksi vaksin ke dalam media penyimpanan anda dengan hanya beberapa klik saja.



Panda Research USB Vaccine, aplikasi portable yang memiliki 2 cara untuk melindungi komputer dan media penyimpanan anda dari serangan virus :
  • Computer Vaccination : Fitur ini akan menonaktifkan Autorun pada Sistem Operasi Windows secara keseluruhan sehingga virus atau program lain tidak secara langsung akan menjalankan file Autorun.inf yang ada pada media penyimpanan anda yang kemungkinan akan menginfeksi komputer anda. Fitur ini juga bisa dikembalikan ke keadaan semula jika anda menginginkannya
  • USB Drive Vaccination : Fitur ini akan membuat sebuah file super bernama Autorun.Inf dimana file tersebut tidak dapat diedit,dihapus ataupun direplace kecuali kalau media tersebut diformat, sehingga virus yang pada umumnya memanfaatkan file autorun tersebut tidak dapat masuk ke dalam media penyimpanan anda.
Untuk versi beta ini, fasilitas vaksinasi pada perangkat USB hanya berlaku pada media penyimpanan berformat FAT & FAT32, namun ke depannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk dapat mendukung format NTFS.

Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 2000 SP4, Windows XP SP1-SP3, dan Windows Vista SP0 dan SP1. Silakan download aplikasi Panda USB Vaccine di sini..... atau disini.....(sumber)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment

Comment Please :